freedom-of-expression

Dokumentasi Advokasi Kebebasan Berekspresi

cover_asasi_sep-okt_2012Hak atas kebebasan berekspresi merupakan hak yang telah dijamin dalam berbagai peraturan di Indonesia. Hak ini semakin mendapatkan jaminan secara normatif maupun praktis, setelah reformasi pada tahun 1998. Dalam perkembangannya, kebebasan berekspresi ini juga mendapatkan tantangan karena seringkali bersentuhan dengan berbagai kepentingan, sehingga berbagai ekspresi sering berhadapan dengan intimidasi, kekerasan dan kriminalisasi.

Saat ini, kecenderungan pelanggaran terhadap kebebasan berekspresi semakin mengkhawatirkan. Survei ELSAM terakhir menunjukkan bahwa situasi kebebasan berekpresi secara umum masih belum baik. Berbagai regulasi yang dibentuk, baik dalam level nasional maupun lokal juga mempunyai kecenderungan bertentangan dengan hak atas kebebasan berekspresi.

Pekembangan dunia internet yang semakin meluas di Indonesia, memberikan model baru pola komunikasi dan interaksi antar individu, serta proses pencarian dan penyebaran informasi. Situasi ini juga menimbulkan berbagai ancaman atas kebebasan berekspresi di dunia maya, dengan semakin banyaknya pemenjaraan kepada individu yang mengekspresikan sikap dan pandangannya melalui berbagai saluran di internet, pengaturan dan kontrol dari pemerintah atas konten dengan cara blocking, filtering, dan sebagainya.

Merespon situasi tersebut, ELSAM melakukan advokasi terhadap pelaksanaan hak atas kebebasan berekpresi baik yang dilakukan secaraoffline maupun online. Kegiatan yang dilakukan di antaranya advokasi kebijakan, dengan memastikan regulasi yang dibentuk tidak melanggar hak atas kebebasan berekpresi, termasuk advokasi tata kelola internet berbasiskan hak asasi manusia. Kegiatan lainnya adalah pendampingan kasus, kampanye dan produksi pengetahuan.